Biografi Cristiano Ronaldo, Sang bintang Portugal

Biografi Cristiano Ronaldo, Sang Bintang Portugal

Biografi Cristiano Ronaldo ini menggambarkan sosok pesepakbola yang berangkat dari keluarga sederhana hingga sukses di lapangan hijau. Dia merupakan idola para pria karena kemampuannya mengolah si kulit bundar dan juga digandrungi wanita karena tampangnya yang rupawan. Melalui Biografi Cristiano Ronaldo ini, mari kita kenal lebih dalam sosok seorang CR7.

Biografi cristiano Ronaldo, sang Bintang Portugal

Biografi Cristiano Ronaldo, sang Bintang Portugal

Image Courtesy of http://hombrehot.com

Biografi Cristiano Ronaldo: Masa kecil CR7

Biografi Cristiano Ronaldo ini dimulai dari masa kecilnya. Lahir di Santo Antonio, suatu daerah di dekat Funchal, Madeira, Portugal pada tanggal 5 Februari 1985 (29 tahun) dan merupakan bungsu(dari 4 bersaudara) pasangan Jose Dinis Aveiro (tukang kebun) dan Maria Dolores dos Santos (tukang masak) . Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan bernama Liliana Katia dan Elma. Siapa sangka Ronaldo adalah bukan nama aslinya karena nama lahirnya adalah Cristiano Dos Santos Aveiro.

 

Cristiano adalah nama pemberian sang ibu. Lalu bagaimana bisa tersemat nama Ronaldo?
Jose, ayahnya merupakan penggemar berat Ronald Reagan, presiden Amerika Serikat dan mantan aktor terkenal, memutuskan untuk memasukan nama Ronaldo menjadi nama kedua setelah Cristiano. Ronaldo sendiri berarti Ronald dalam bahasa Portugis.

Ronaldo kecil

Ronaldo kecil

Image courtesy of Nipun Maholtra/ www.thehardtackle.com/

Berkat dukungan ibunya, pada usia 14 tahun Ronaldo memutuskan fokus ke dunia sepakbola. Meskipun begitu pengenalannya akan klub sepakbola dimulai sejak usia 8 tahun dimana ia bergabung dengan klub Andorinha selama 2 tahun lalu pindah ke Nacional de Madeira. Ketika Ronaldo masih bergabung dengan Nacional, klub tersebut ternyata sedang terlilit hutang dengan klub besar Portugal, Sporting Lisbon sebanyak 22.500 euro (sekitar Rp360 juta) atas transfer pemain.

 

Berhubung Sporting tertarik dengan kemampuan Ronaldo, maka ia diambil Sporting sebagai pembayaran hutang. Apabila menilik nilai sebesar itu mungkin terlalu besar untuk anak seusia itu akan tetapi Sporting menganggap transaksi ini sebagai langkah investasi. Di Sporting Lisbon, dia tercatat bermain sebanyak 25 kali dan sukses mencetak 3 gol.

Biografi Cristiano Ronaldo

Aksinya saat masih di Sporting Lisbon

Image Courtesy of www.dailymail.co.uk

Titik balik karir Cristiano Ronaldo

Sekitar pertengahan musim panas 2003, Sporting Lisbon mengadakan pertandingan persahabatan dengan Manchester United dengan skor mengejutkan 3 – 1 untuk kemenangan Sporting. Kemenangan fantastis ini ditentukan oleh aksi seorang pemain muda, Cristiano Ronaldo. Setelah dibujuk oleh para pemain Manchester United, pelatih mereka saat itu, Sir Alex Ferguson, memutuskan untuk menggaet pemain berbakat itu dari Sporting Lisbon.  Tampaknya Lisbon memang tepat dalam memilih investasi karena Cristiano berhasil dilepas dengan harga 12,24 juta pounds (sekitar Rp232,5 miliar) atau hampir 7 kali lipat daripada harga belinya.

Biografi Cristiano Ronaldo

Bergabung dengan Manchester United

Image Courtesy of IBTimes Staff Reporter/ www.ibtimes.co.uk

Di Manchester United, ia langsung diberikan jersey nomer 7. Angka yang sama pernah dimiliki oleh legenda Manchester United seperti George Best, Eric Cantona dan David Beckham. Meskipun awalnya tidak mengincar nomer punggung 7, Ronaldo merasa tertantang untuk membayar kehormatan tersebut. Debutnya di Old Trafford adalah ketika melawan Bolton Wanderers, 16 Agustus 2003. Pada sebuah Biografi Cristiano Ronaldo lainnya disebutkan, selama di M.U, ia telah bermain sebanyak 292 kali dengan koleksi 118 gol dan di dalam koleksi golnya terdapat gol ke 1000 M.U dan gol tercantik pertama dalam kategori Ferenc Puskas FIFA. Di klub raksasa ini julukan CR7 tersemat dalam dirinya.

Dari Inggris ke Spanyol

Setelah hampir 7 tahun bersama United, Ronaldo memutuskan untuk pindah ke Real Madrid pada 1 Juli 2009. Lagi-lagi, CR7 menorehkan sejarah sebagai pemain dengan nilai transfer termahal dalam sejarah sepak bola yaitu 80 juta pounds atau sekitar Rp1,5 triliun. Bahkan saat diperkenalkan oleh Florentino Perez sebagai pemain baru El Real, sekitar 80.000 penggemar memenuhi markas Real Madrid, Santiago Bernabeu. Jumlah ini melampau rekor Diego Maradona kala diperkenalkan sebagai npemain Napoli tahun 1984 yang ‘hanya’ dihadiri oleh sekitar 75.000 penggemar. Ronaldo juga adalah pemain pertama yang berhasil mencetak 40 gol dalam satu musim La Liga, mengalahkan rekor sebelumnya 38 gol dan berada di urutan ke 4 dalam 10 pencetak gol terbanyak Real Madrid dengan total 252 gol (terhitung 24 Mei 2014) dimana posisi nomer 1 dihuni oleh Raul Gonzales dengan koleksi 323 gol.

Evolusi seorang CR7

Evolusi seorang CR7

Image Courtesy of www.ronaldo7.net

Dalam membela Negara asalnya Portugal, Cristiano telah bermain di berbagai tingkatan usia timnas dari U-17 hingga U-23. Untuk timnas senior, ia telah bermain setidaknya sebanyak 100 kali dan berhasil membukukan 37 gol dalam berbagai event seperti Euro 2004 – 2008, Olimpiade Athena 2004, Piala Dunia 2006 – 2010.

Ketika bermain, CR7 sering didaulat sebagai striker atau pemain sayap karena diketahui memiliki kecepatan, kontrol, mahir ketika menghadapi pemain satu lawan satu serta dribbling yang baik. Ia juga dianggap sebagai spesialis tendangan bebas. Gaya sepak bola langsung, keterampilan dan kemampuannya untuk mencetak gol telah menjadi ciri khas yang mencolok sepanjang karirnya. Oleh karena itu, ia dianggap sebagai salah satu factor yang dapat mengubah jalan pertandingan.

Hobi dan Keluarga

Di luar lapangan hijau, Ronaldo adalah penggemar mobil terutama kategori supercar. Tentu hal ini tergolong wajar untuk pemain dengan penghasilan $73 juta (termasuk gaji, iklan, bonus, dan lainnya). Sebuah sumber Biografi Cristiano Ronaldo lainnya mencatat 13 mobil mewah yang kini dimilikinya dari Audi Q7 seharga $50.000 hingga yang termahal Bugatti Veyron dengan harga $1,7 juta. Menurut sebuah situs  Biografi Cristiano Ronaldo internasional, the richest.com, kekayaan bersih CR7 berada di kisaran $150 juta. Untuk urusan pasangan, pria tampan ini diketahui tengah menggandeng Irina Shayk, seorang model asal Rusia semenjak tahun 2010. Pertemuan mereka berdua berawal saat proses pembuatan iklan produk celana dalam dan masih berlangsung hingga saat ini. Pada Juli 2010, Ronaldo juga mengumumkan telah memiliki seorang anak laki-laki bernama Cristiano, Jr. Keberadaan anak CR7 ini cukup dijaga privasinya meskipun begitu Ronaldo menyatakan bertanggung jawab penuh akan anaknya. Cristiano, Jr beberapa kali terlihat tampil dalam pertandingan ayahnya ditemani oleh sang nenek.

Biografi Cristiano Ronaldo, sang bintang portugal

Cristiano Ronaldo, Irina Shayk dan Cristiano, Jr di Ballob D’Or 2013

Image Courtesy of Olivia Bergin/ www.fashion.telegraph.co.uk/

Demikian ulasan CR7 dalam Biografi Cristiano Ronaldo. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

 

Biodata Cristiano Ronaldo

Nama Asli
Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro

Tanggal Lahir
05 Februari 1985

Tempat Lahir
Funchal, Madeira, Portugal

Tinggi Badan
185,5 cm

Kewarganegaraan
Portugal

Warna Rambut
Hitam

Warna Mata
Cokelat

Ayah
Jose Dinis Aveiro

Pekerjaan Ayah
Pengurus kebun, pegawai pemerintahan

Ibu
Maria Dolores dos Santos Aveiro

Pekerjaan Ibu
Koki

Saudara
Hugo (kakak laki-laki), Elma (kakak perempuan), Liliana Catia (penyanyi, kakak perempuan)

Kekasih
Daniela Martins (presenter, 2005), Merche Romero (model, 2005 – 2006), Gemma Atkinson (aktris, 2007), Alice Goodwin (model, mantan), Raffaella Fico (model, 2009), Nereida Gallardo (model), Paris Hilton (aktris), Irina Shayk (model, sejak 2010)

Anak-anak
Cristiano Ronaldo Jr. (laki-laki, L. 03-Jul-10)

Populer Sejak
Bergabung di klub “Sporting Clube de Portugal” (1997 – 2003)

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0