Cara membuka email dan keuntungan lain yang bisa didapatkan

Di jaman teknologi maju ini, email sudah menjadi salah satu alat komunikasi yang digunakan oleh banyak masyarakat luas, membuatnya bukan menjadi kebutuhan sekunder lagi tapi sebuah kebutuhan primer. Para mahasiswa, pelaku bisnis, wartawan hingga anak sekolah kini sudah memiliki minimal satu akun email untuk membantu mereka di jaman serba canggih ini dan rata-rata sudah paham bagaimana cara membuka email.

Cara membuka email

Email, salah satu hal penting di jaman ini

Image courtesy of http://www.flint-it.com/how-much-is-it-worth-paying-for-email/

 

Bagi beberapa orang, email merupakan hal baru. Terlihat sederhana namun cukup rumit bagi mereka yang baru pertama kali mengenal email atau surel (surat elektronik) ini. Pertanyaan pertama bagi para pengguna baru adalah: bagaimana cara membuka email? Inilah beberapa cara membuka email yang sederhana dan singkat.

 

Cara membuka email

  1. Masuklah di penyedia jasa email. Jangan takut karena untuk memiliki email tidak dikenakan biaya alias gratis dan banyak sekali situs penyedia layanan email. Beberapa yang cukup terkenal dan aman misalnya yahoo (www.mail.yahoo.com) dan google (www.mail.google.com). Selain kedua ini, ada juga layanan dari penyedia lain misalnya hotmail, atau lycosmail.
    Yahoo dan Gmail, dua penyedia layanan email terbesar saat ini

    Cara membuka email yang pertama adalah masuk ke Yahoo dan Gmail, dua penyedia layanan email terbesar saat ini

    Image courtesy of Jeff Cormier – http://www.theipadfan.com/gmail-yahoo-mail-updated-ipad/
  2. Inilah tahapan pertama cara membuka email. Saat mendaftarkan diri, isilah dengan data yang benar karena email ibarat rumah kedua di dunia maya. Segala informasi, surat dan data pribadi harus melewati email. Bahkan untuk bergabung dengan situs-situs social media seperti facebook atau twitter membutuhkan email. Setelah mengisi form data dengan benar, buatlah nama untuk email Anda dan passwordnya. Apabila bingung menentukan nama, biasanya dari pihak penyedia layanan akan menyarankan beberapa nickname. Pilih nickname yang paling sederhana dan untuk password buat yang agak rumit namun masih dapat diingat
  3. Setelah menyelesaikan kedua proses di atas, lakukan sign in untuk pertama kali. Caranya sederhana. Ketik alamat email yang telah dipilih. Tulis passwordnya dan selesai. Anda kini mempunya email Anda sendiri.

 

Tips menggunakan email

  1. Maksimalkan fitur penyedia layanan jasa. Misalnya yahoo yang mempunyai layanan mobile e-mail (m.yahoo.com/mail) , membuat email dapat diakses melalui ponsel.
  2. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gunakan password yang rumit tapi masih dapat diingat. Alasannya untuk menghindari tangan-tangan usil yang mencoba meretas email Anda. Gunakan kombinasi huruf dan angka yang acak yang berhubungan dengan sesuatu yang masih bisa kita ingat. Ganti password secara berkala, misalnya sebulan sekali. Hindari memakai nama kecil, tanggal lahir, nomor telepon, dan data pribadi lainnya sebagai password.
  3. Waspadalah terhadap spam. Spam adalah email sampah yang seringkali mengganggu dan memenuhi kotak surat Anda. Kemungkinan untuk kelebihan kapasitas tentu saja kecil mengingat media penyimpanan penyedia layanan email cukup besar tapi melihat banyak email tidak jelas akan membuat pusing. Kategorikan email yang masuk spam karena beberapa email memiliki algoritma tersendiri untuk memilih dan memilah antara email dan spam. Hindari mendaftarkan email Anda di situs-situs tidak jelas.
    Spam mail terbukti dapat sangat mengganggu kita saat membuka email

    Cara membuka email : Spam mail terbukti dapat sangat mengganggu kita saat membuka email

    Image courtesy of Shree Madhan (Mad) – http://www.softechnogeek.com/2013/02/How-To-Automatically-Delete-All-Spam-Emails-In-Gmail-Quickly.html
  4. Selektif menggunakan email. Apabila Anda aktif di jejaring social seperti Facebook atau Twitter, maka sebaiknya buatlah akun email khusus untuk keperluan jejaring social. Email Anda akan terisi puluhan bahkan ratusan notifikasi dari jejaring social yang bersangkutan dan akan membuat email penting tenggelam dan tak terlihat.

Manfaat memiliki email

Kehadiran email bukan hanya untuk saling kirim surel apalagi hanya sebagai faktor gaya. Fungsinya cukup banyak, beberapa dari antaranya sudah disebutkan tadi yaitu sebagai alat untuk urusan jejaring social. Bagi pengguna layanan email Yahoo, mereka dapat menggunakan fasilitas chatting yang disebut Yahoo Messenger dan dapat mengikuti mailing list dari rekan-rekan yang memiliki kenangan serupa dari Yahoogroups.

Demikian halnya dengan Google. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan melalui layanan Google. Misalnya saja fasilitas penyimpanan data dokumen di ‘hardisk online’ milik Google yang dinamakan GoogleDocs. Keuntungan fasilitas ini adalah bisa diakses dimana saja dan sesuai julukannya, hardisk online, GoogleDocs menjadi tempat menyimpan cadangan data apabila memori laptop atau PC Anda terserang virus. Bagaimana cara menyimpan file di GoogleDocs?

Google Docs

Cara membuka email : Google Docs

Image courtesy of Silvia Robledo – http://diarium.usal.es/silviarobledo/2011/11/11/google-docs-y-la-herramientas-colaborativas/

 

Buka situs google.co.id

Cari menu Documents. Biasanya menu ini terletak di link menu Selengkapnya

Masukan alamat dan password gmail Anda. Klik sign in

Setelahnya Anda akan menemui menu Create untuk mendapatkan kolom unggah/ upload file, klik menu upload lalu Look in. Jika sudah masuk tinggal pilih file yang akan di upload lalu pilih Open. Beberapa file dokumen yang bisa diupload sekitar 500 KB dengan format file HTML, Microsoft Word (.doc, .docx), plain text (.txt), Star Office (.sxw), Open Document (.odt), dan Rich Text (.rtf). lalu bagaimana dengan format file yang lain?
Untuk file dengan format PDF diberikan tempat sekitar 10 MB apabila di unggah dari computer sedangkan bila diunggah dari web hanya 2 MB. File presentasi seperti Power Point diberikan kapasitas penyimpanan maksimal 10 MB, presentasi dari email sebesar 500 KB dan presentasi dari web 2 MB. Untuk Spreadsheet maksimal kapasitas 1 MB dengan format Microsoft Excel (.xsl, dan .xlsx), Comma Separated (.csv), dan Open Document Spreadsheet (.ods). Kita juga bisa menulis langsung file di GoogleDocs dalam bentuk-bentuk file yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, terdapat pula fasilitas penterjemah gratis melalui akun gmail translate toolkit yang berbeda dengan Google translate biasa karena kita dapat langsung menerjemahkan sebuah dokumen tanpa harus copy –paste dahulu apalagi mengetik ulang. Ditambah pula dengan fasilitas blogging untuk pengguna akun gmail di blogger.com.

Email dapat digunakan untuk mengubungi artis idola Anda

Cara membuka email : Email juga dapat digunakan untuk mengubungi artis idola Anda

Image courtesy of http://www.memotoo.com/online-help.php

 

Demikianlah artikel cara membuka email beserta beberapa manfaat yang dapat dimiliki oleh penggunanya. Apakah sudah menemukan akun email yang tepat untuk Anda?

Kata kunci:

Share on Google+2Share on Facebook12Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0