Download game PS2 untuk PC ataupun laptop

Mungkin sebagian dari kita ada yang tumbuh pada masa dimana Playstation 2 sedang berjaya. Mengadu keterampilan bermain bersama teman dan saudara? Atau mungkin betah berlama-lama di rental Playstation demi memainkan game kesayangan? Playstation 2 merupakan seri kedua Playstation yang dirilis pada trimester pertama tahun 2000 sekaligus masuk kategori konsol generasi keenam (generasi 128 bit).

Mesin yang sering disebut PS 2 ini merupakan salah satu mesin terlaris dalam sejarah dunia game. Pada tahun 2012 saja sudah tercatat penjualan sekitar 155 juta unit mesin dengan 3870 buah judul yang terjual sebanyak 1,5 milyar kopi secara keseluruhan. Mungkinkah di dalamnya terdapat salah satu judul permainan kesayangan Anda? Tentunya banyak kenangan manis bila disandingkan dengan konsol permainan besutan Sony itu. Playstation 2 kini sudah dihentikan pembuatannya per Januari 2013 namun beberapa judul gamenya tetap digemari. Pertanyaannya bagaimana caranya memainkan game PS 2 apabila mesinnya saja sudah langka? Caranya dengan download game PS2

Konsol Playstation 2

Konsol Playstation 2

Image courteys of Jonathan Howard – http://www.gamerdebates.com/2014/03/04/playstation-2/

Perkembangan teknologi pada masa kini tentunya membawa berkah tersendiri karena salah satu keuntungannya adalah kita dapat memainkan game favorit kita yang sudah lawas, terutama PS 2, di hampir semua gadget. Mengapa hampir semua? Karena ada beberapa spesifikasi yang harus dipenuhi supaya dapat menggunakan sebuah program yang disebut Emulator. Emulator sendiri adalah sebuah perangkat keras ataupun lunak (bisa keduanya sekaligus) yang meniru (emulate) fungsi salah satu sistem komputer di sistem komputer lainnya yang berbeda.

 

Oleh karena itu, dengan program ini kita dapat memainkan game dari konsol manapun. Lalu bagaimana cara mendapatkan gamenya? Jawabannya adalah melalui download. Untuk mudahya, emulator adalah unit konsol dan cartridge/CD permainannya bisa didapatkan dengan cara download. Pada saat ini akan dijelaskan bagaimana download game PS2 mulai dari bagaimana cara menginstall emulator sekaligus mengunduh program permainannya.

Download game PS2

Nah, apa saja yang dibutuhkan untuk download game PS2? Pertama, sebuah PC atau laptop. Mengapa harus kedua mesin itu? Karena pada umumnya emulator dapat diinstall di PC ataupun laptop dengan spesifikasi standar. Artinya untuk dapat menggunakan emulator dan download game PS 2, kita tidak perlu membeli komputer ataupun laptop mahal. Minimum spesifikasinya haruslah seperti dibawah ini:

–          Intel Dual Core 3,33 Ghz/Intel Core i3/i5 Ghz Turbo Boost up to 3.1 Ghz

–          Ram 4GB

–          VGA card 1GB

Apabila spesifikasi PC/Laptopnya tidak seperti yang diatas, masih bisa  memainkan game PS 2, namun siap-siap saja mengalami performa yang tidak maksimal. Selain itu diperlukan juga untuk mematikan antivirus, internet dan windows explorer. Apabila masih kurang puas, masuk Task Manager kemudian pilih High Priority. Lalu kedua, tentunya adalah sambungan internet yang baik.

Sekarang kita mulai bahas cara menginstall emulator PS 2 terlebih dahulu secara detail jadi harap diperhatikan tiap langkahnya dengan seksama. Kita akan menggunakan emulator PCSX2 1.0.0 dengan Frames per second (FPS) 60. Untuk mengunduh, langsung saja ke official sitenya:

web pcsx2

Download game ps2 : web pcsx2

Image courtesy of Jimmy Liem – www.pcsx2.net

Sedangkan BIOSnya bisa ditemukan di Google

Bios PCSX2

Download game PS2 : bios PCSX2

Image courtesy of Jimmy Liem – http://www.video-games-generation.com/2014/03/pcsx2-121-setup-plugins-and-bios-best.html

Usahakan aplikasi directx sudah yang paling baru karena emulator ini menuntut directx yang ter-update. Bila sudah siap semua, kita install dulu aplikasi PCSX 1.0 yang sudah kita download. Lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Setelah install aplikasi PCSX2 1.0, masuk ke My Documents di drive C. Emulator ini akan membuat folder di My Documents secara otomatis.
  2. Copy folder BIOS yang telah diunduh lalu Paste ke dalam folder My Document/PCSX2
  3. Sesudah itu, copy Bios dan buat shortcutnya di desktop
  4. Klik shortcut lalu klik Lanjut
  5. Pilih GSdx9 lalu ke konfigurasi
  6. Masuk ke PAD untuk settingan gamepad. Jika hendak bermain menggunakan keyboard, maka klik PAD dan masukkan setting LilyPad svn (r5282) di konfigurasi
  7. Kemudian di settingan LilyPad svn 0.11.0, klik Pad 1, tandai Windows Messaging di kolom Keyboard API. Tandai juga DirectInput, Monitor when in background di bagian Game Device APIs. Kemudian di kolom Mouse API di sebelah kanan, klik Disable dan tandai kolom Start without mouse focus. Klik OK.
  8. Bila nantinya menggunakan file ISO, maka untuk setting CD Romnya gunakan opsi No Disc. Caranya, masih pada konfigurasi PCSX2 pertama kali, pada kolom CDVD, pilih opsi CDVDnull lalu sesudahnya pada pilihan cdvdGigaherz: Source Drive, pilih No Disc.
  9. Bila benar maka tampilan akhirnya akan menjadi seperti ini. Abaikan setting USB, FW, DEV9. Klik Lanjut
  10. Pilih salah satu BIOS. Disarankan memilih Europe 2004
  11. Sesudahnya klik tombol Akhiri, maka akan muncul Program Log PCSX2 secara otomatis
  12. Masuk tab konfigurasi, pilih Emulasi Pengaturan
  13. Masuk ke menu EE/IOP, klik Normal. Meskipun begitu, kebanyakan game berjalan dengan baik di opsi default
  14. Lanjut ke menu GS, klik Nonaktifkan Framelimiting
  15. Pada menu Windows GS, pilih aspek rasio yang paling tepat. Bila ingin bermain dengan tampilan fullscreen, klk Pas kan dengan Layar pada Aspek Rasio. Klik Terapkan > OK

Sekarang kita akan mulai berburu atau download game PS2 favorit kita. Seluruh judul game atau ISO bisa ditemukan di situs ini:

Tampilan muka situs emuparadise

Download game PS2: Tampilan muka situs emuparadise

Image courtesy of Jimmy Liem – http://www.emuparadise.me/Sony_Playstation_2_ISOs/List-All-Titles/41 

Setelah berhasil menemukan judul dan mengunduhnya kita coba mainkan di emulator ini. Caranya:

  1. Masuk ke menu tab CDVD, klik Iso lalu pilih Temukan
  2. Pilih game yang telah disiapkan dari window sumber iso CDVD kemudian klik
  3. Lanjut ke Tab Menu SISTEM,  pilih Jalankan CDVD (cepat)
  4. Selamat bermain
Selamat menikmati hasil download game PS2

Selamat menikmati hasil download game PS2

Image courtesy of franky242 – http://www.freedigitalphotos.net/images/Leisure_Hobbies_g420-Gamepad_In_Hands_p137511.html

Demikianlah cara untuk download game PS2. Semoga bermanfaat.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook9Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0