Fungsi komputer dan beberapa kegunaan lainnya

Di jaman teknologi seperti sekarang ini, fungsi komputer berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Jika seseorang tidak mengerti bagaimana cara mengoperasikan komputer dalam suatu bidang pekerjaan akan mengalami banyak kesulitan karena komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan meskipun pada kenyataannya, komputer kini digunakan hanya sebagai alat komunikasi, alat hiburan dan mempermudah pekerjaan padahal sejatinya fungsi komputer bukan hanya terbatas di 3 hal itu saja karena penggunaan komputer saat ini digunakan tidak cuma untuk bekerja dan untuk hiburan saja tetapi bisa juga berperan di bidang pendidikan seperti sekolah dan kuliah karena terdapat media internet untuk sebagai pendukung penambah wawasan sehingga pelajar mendapatkan input materi tambahan dari yang mereka dapatkan di sekolah.

 

Fungsi komputer beragam dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi komputer yang beragam dalam kehidupan sehari-hari

Image courtesy of Ambro – http://www.freedigitalphotos.net/images/Computing_g368-Couple_Using_Laptop_p63618.html

Fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari

Manusia dan komputer. Dua hal yang tak dapat terpisahkan

Manusia dan komputer. Dua hal yang tak dapat terpisahkan

Image courtesy of Renjit Krishnan – http://www.freedigitalphotos.net/images/Computers_g62-Laptop_And_Man_p32027.html

 

  1. Sebagai sarana komunikasi

Dahulu untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh, digunakan metode surat menyurat, telegram hingga hubungan telepon. Kini dengan memanfaatkan fungsi komputer sebagai sarana komunikasi maka kita bisa berbicara dengan rekan atau kerabat kita sambil menatap langsung menggunakan teknologi kamera yang disebut Webcam. Tidak hanya itu, kita juga dapat bercakap-cakap menggunakan kata-kata saja (chatting), mengirimkan surat (e-mail) sekaligus mengirim file dalam bentuk gambar, suara atau yang lainnya dalam bentuk data.

 

 

  1. Sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan

Jauh sebelum terciptanya komputer dengan keyboardnya, orang mengetik surat menggunakan mesin tik dan apabila terdapat kesalahan maka kertas yang digunakan untuk mengetik akan dibuang, tidak bisa digunakan kembali sementara dengan menggunakan komputer, kesalahan-kesalahan kecil dapat kita hapus dan ketik ulang sehingga bisa di edit hingga beberapa kalipun tanpa terlihat bekas kesalahannya.

 

  1. Sebagai alat hiburan

Apabila dulu hiburan kita hanya terbatas pada televisi, tape dan radio maka kini komputer dapat menggantikan seluruh fungsi alat-alat tadi secara keseluruhan hanya dengan satu perangkat saja. Bukan hanya itu, kita dapat bermain menggunakan komputer melalui berbagai aplikasi permainan yang ada. Fasilitas yang komputer berikan pada kita antara lain:

Komputer dalam bentuk tablet PC sebagai sarana hiburan

Salah satu fungsi komputer dalam bentuk tablet PC adalah sebagai sarana hiburan

Image courtesy of stockimages – http://www.freedigitalphotos.net/images/excited-kids-using-tablet-pc-photo-p202098

  • Memutar lagu melalui music player, CDVD bahkan melalui internet
  • Menonton film lewat fitur media player, CDVD atau streaming video melalui internet
  • Bermain game menggunakan aplikasi atau lewat internet
  • Berkomunikasi dengan teman melalui fasilitas social media di internet atau aplikasi chatting
  • Menonton TV menggunakan TV Receiver untuk komputer atau Online Channel di internet
  1. Sebagai sarana pendidikan

Fungsi komputer lainnya adalah sebagai alat untuk membantu fasilitas pendidikan melalui media internet . Selain itu  melalui komputer kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan lainnya seperti:

  • Proses pemasangan (install) aplikasi. Dari proses itu kita dapat belajar cara memasang program pada komputer sekaligus mengetahui cara menggunakan serta memperbaiki masalah pada program tersebut memlaui fitur Tutorial atau Help
  • Beberapa aplikasi dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa hal seperti aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw  pada bidang grafis. Power Point untuk aplikasi di bidang presentasi. Autocad sebagai program untuk membantu dalam hal arsitektur. MySQL di bidang programming dan masih banyak lagi.
  • Selain dari aplikasi, kita juga dapat menambah wawasan melalui media internet. Beragam ilmu dapat kita pelajari seperti Ekonomi, Poilitik, Sains, Sejarah, Agama, Matematika dan lain sebagainya.
  1. Sebagai sarana usaha
online shopping sudah semakin lumrah sekarang ini

Online Shopping sudah semakin lumrah sekarang ini

Image courtesy of ddpavumba -http://www.freedigitalphotos.net/images/online-shopping-photo-p234621

Metode usaha dapat menggunakan apa saja termasuk komputer salah satunya. Komputer dapat disewakan (rental komputer), dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit video dan gambar, desain grafis untuk periklanan, install dan service software (perangkat lunak), pembuatan website, kursus komputer dan masih banyak lagi sarana usaha lainnya

  1. Sebagai sarana pengendali (controlling)

Pada beberapa instansi besar seperti perhotelan, pabrik, televisi dan banyak jenis perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan satu atau beberapa system seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi elevator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendalian jaringan, control mekanisme pabrik dan lain-lain.

  1. Sebagai sarana informasi

Berbagai informasi yang sifatnya umum dapat kita temukan juga disini seperti:

  • Informasi kesehatan berupa tips medis, tempat pengobatan
  • Informasi produk untuk mencari tahu lebih jelas tentang produk yang kita inginkan
  • Informasi perjalanan seperti tips travelling, informasi tiket, tempat wisata
  • Informasi pekerjaan bagi yang sedang mencari lowongan kerja, peluang usaha atau cara-cara menyelesaikan suatu pekerjaan
  • Informasi hiburan misalnya download game, film, mencari tempat hiburan
  • Informasi cuaca berupa keadaan cuaca di suatu tempat
  • Informasi politik untuk mengetahui kejadian yang berhubungan dengan situasi Negara dan pemerintahan

Itulah beberapa fungsi komputer yang dapat kita nikmati. Tapi bukan berarti komputer merupakan media tak bercacat cela. Selain fungsi-fungsi positif di atas, terdapat banyak sisi negative yang ditimbulkan oleh komputer dan kebanyakan dari sisi negative ini dihasilkan oleh penggunanya. Hal-hal negative berpotensi dihasilkan antara lain:

Akibat fasilitas hiburannya, banyak orang yang meninggalkan aktifitas wajib mereka seperti bekerja, belajar dan lain-lainnya

Situs porno diketahui sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi dalam perbuatan-perbuatan amoral

Penipuan dalam bisnis online, scam atau membuat website palsu untuk mendapatkan email serta password orang lain (metode fishing)

Munculnya hacker yang memiliki keahlian untuk mengambil data seseorang seperti login data, kartu kredit hingga merusak situs atau system orang lain

efek positif atau negatif komputer kembali lagi pada diri kita sendiri

Efek positif atau negatif komputer kembali lagi pada diri kita sendiri

Image courtesy of Stuart Miles – http://www.freedigitalphotos.net/images/tick-and-cross-symbols-in-front-show-choice-or-decision-photo-p175167

Di luar baik atau buruknya fungsi komputer, semua itu kembali lagi ke pemakainya apakah hendak menggunakan komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan dan melakukan hal-hal positif atau malah sebaliknya. Karena segala sesuatu yang baik apabila digyunakan dengan cara yang salah akan menjadi tidak baik pada akhirnya.

Kata kunci:

Share on Google+1Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0