Gambar bencana alam di berbagai tempat di dunia

Di dunia ini tak ada seorangpun yang mengharapkan terjadinya bencana alam. Semua itu datang dengan tiba-tiba dan tanpa peringatan. Akan tetapi di balik kerusakan dan kesedihan yang disisakan oleh bencana alam tersebut, tersimpan beberapa gambaran yang akan membuat kita tercengang sekaligus takjub akan kejadian yang mengerikan itu. Berikut beberapa gambar bencana alam yang sempat terekam kamera saat musibah tersebut terjadi.

Gambar bencana alam : Erupsi Eyjafjallajokull

Gambar bencana alam : Eruspi Eyjafjallajokull

Gambar bencana alam : Eruspi Eyjafjallajokull

Image courtesy of Ragnar Th. Sigurdsson/Barcroft – http://www.telegraph.co.uk/earth/earthpicturegalleries/8162754/Eyjafjallajokull-Volcano-in-Iceland-a-book-of-photographs-by-Ragnar-Th.-Sigurdsson.html

Pada Maret 2010, sebuah gunung vulkanik di Islandia meletus. Letusannya luar biasa besar sehingga muntahan lava merah, magma, bebatuan dan debu sanggup menempuh jarak hingga 1 km dari tempat erupsinya. Meletusnya gunung ini mengakibatkan terganggu transportasi udara di Islandia terganggu karena menutupi langit Eropa dan membuat langit sore menjadi merah.

 

Ketika meletus, gunung ini menyemburkan serpihan batuan dan gas ke atmosfer. Salah satunya adalah aerosol sulfat. Aerosol berupa partikel-partikel kecil yang mengambang di udara dan menyebarkan cahaya matahari ke segala arah. Itulah yang menyebabkan langit petang penuh warna.

Gambar bencana alam : Letusan gunung berapi Chaiten

Letusan gunung berapi Chaiten, Chili

Letusan gunung berapi Chaiten, Chili

Image courtesy of ninemsn – http://id.muslimvillage.com/2011/06/08/10762/violent-volcanic-eruption-in-chile-follows-9-5-earthquake/

Foto diatas diambil pada tahun 2009 oleh seorang fotografer professional, Carlos Gutierrez saat sebuah gunung vulkanik di Chilli, Chaiten, meletus bertepatan dengan petir menyambar. Gunung ini awalnya dianggap tidak aktif selama ratusan tahun akan erupsi ini ini menjadi salah satu pertanda penting untuk para pengamat, dan khususnya untuk warga sekitar.

Gunung Chaitan meletus setidaknya tiga kali dalam waktu kurang dari 24 jam, membuat turunnya lava panas ke kawasan rumah penduduk. Kabarnya sekitar lima ribu warga berhasil diselamatkan dari sekitar gunung ini ke tempat yang lebih aman.

Gambar bencana alam : Badai Sandy

Gambar bencana alam badai Sandy dari satelit

Gambar bencana alam badai Sandy dari satelit

Image courtesy of Jim Harper – http://www.washingtonwatch.com/blog/2012/12/16/superstorm-sandy-spending-its-building-strength/

Badai besar Sandy menghabiskan sebagian kepulauan Karibia, Amerika Serikatpada Oktober 2012 dan menjadi salah satu musibah terbesar yang dialami Negara adidaya ini. Setidaknya 286 orang tewas dan puluhan ribu rumah porak poranda. Kerugian akibat bencana ini ditaksir hingga jutaan dolar. Di Jamaika, 70% penduduk kehilangan daya listrik, kehilangan atap rumah, menewaskan satu orang, serta kerugikan sekitar $100 juta. Di Haiti, banjir akibat badai ini menewaskan setidaknya 5 4 jiwa, kurangnya sumber daya makanan dan sekitar 200.000 orang kehilangan tempat tinggal. Di Republik Dominika dan Puerto Rico, masing-masing mengakibatkan 2 orang  dan seorang meninggal. Di Kuba, banjir lepas pantai dan angin ribut menghancurkan 15.000 rumah, menewaskan 11 jiwa, dan kerugian sebanyak $2 milyar. Bencana ini juga terasa imbasnya hingga ke Kanada dan kepulauan Bahama. Kerugian-kerugian tadi adalah gambaran bencana alam yang dahsyat. Beberapa orang  bahkan menjuluki badai ini sebagai Superstorm Sandy atau Frankenstorm karena daya rusaknya yang tinggi sekaligus sebagai badai terhebat di samudera Atlantik.

Gambar bencana alam : Erupsi gunung vulkanik bawah laut Tonga

Erupsi gunung vulkanik di bawah laut

Erupsi gunung vulkanik di bawah laut

Image courtesy of http://www.dailymail.co.uk/news/article-1163121/Pictured-The-spectacular-eruption-underwater-volcano-South-Pacific.html

Gambar bencana alam tidak hanya datang dari darat tetapi juga dari laut, bahkan di dalam laut. Sebuah gunung berapi bawah laut Hunga Ha’apai, Tonga meletus di tahun 2009 dan menyemburkan isinya hingga menembus permukaan laut. Bencana alam yang terjadi 18 Maret 2009 ini menggemparkan penduduk sekitar. Pasalnya lokasi erupsi hanya berjarak 34 mil saja dari pantai Nuku’ alofa, ibu kota Tonga dan 6 mil dari pulau utama Tonga, Tongatapu, mengirim uap, abu, dan asap hingga setinggi 100 meter ke udara. Gunung berapi ini hanya satu dari 36 gunung vulkanik bawah laut di kawasan Polynesia.

Gambar bencana alam : Tsunami Aceh 2004

Gambar bencana alam tsunami Aceh

Gambar bencana alam tsunami Aceh

Image courtesy of Muhammad Firman – http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/235854-tsunami-aceh-2004-bukan-yang-pertama

Tahun 2004, terjadi pergeseran lempengan di bawah samudera Hindia sehingga mengakibatkan gempa dan Tsunami pada 26 Desember 2004 di bagian barat kepulauan Sumatera. Gempa ini disebabkan ketika lempengan Hindia dan lempengan  Burma bergeser yang memicu serangkaian bencana alam, mengakibatkan kerusakan di 14 negara dan menewaskan sekitar 230.000 korban jiwa. Indonesia adalah Negara yang terkena akibat tsunami paling parah, disusul Sri Lanka, India dan Thailand. Kabarnya gelombang pasang tsunami ini hingga setinggi 98 kaki.

Gambar bencana alam : Kebakaran hutan di Kalifornia

Gambar bencana alam kebakaran hutan hebat di California

Gambar bencana alam kebakaran hutan hebat di California

Image courtesy of Dan Steinberg – http://www.toptodaynews.com/california-wildfires-reached-12000-homes-and-killed-two-firefighters/

Tahun 2009 lagi-lagi dihiasi bencana alam. Sekitar 63 kebakaran hutan terjadi di Negara bagian Kalifornia, Amerika Serikat. Kebakaran ini menghanguskan lebih dari 335,020 are hutan sejak awal Juli hingga akhir November menewaskan 2 orang dan membakar ratusan bangunan yang dilewatinya. Kebakaran terhebat dan paling mematikan terjadi di bagian utara Los Angeles, membakar 160,577 are dan mengakibatkan 2 korban jiwa, yang keduanya adalah pemadam kebakaran.

Gambar bencana alam : Jalanan Longsor di Filipina

Gambar bencana alam di cebu

Gambar bencana alam di Cebu, Filipina

Image courtesy of http://www.ibtimes.co.uk/phillipines-earthquake-pictures-6-7-magnitude-death-295088

Gempa dengan skala 6,9 skala richter terjadi di Negros dan Cebu, Filipina 6 Februari 2012 menyebabkan kerusakan parah di kota tersebut. Banyak bangunan yang roboh dan jalanan longsor dan retak akibat guncangan gempa yang hebat tersebut. Terhitung 3 bangunan setinggi tiga lantai runtuh dan tujuh jembatan rusak tidak dapat digunakan. Sekitar 12 orang ditemukan terjepit di antara reruntuhan bangunan dan 52 orang meninggal akibat kejadian ini. Di kota Guihulngan, Negros Oriental, setidaknya terdapat 29 orang korban jiwa menyusul bencana longsor di desa Barangay akibat terkubur sedalam 10 kaki selama sekitar 6 jam.

Beberapa gambar bencana alam di atas membuat kagum sekaligus mengerikan karena dibalik ‘keindahan’ gambar bencana alam itu tersimpan kengerian dan kesedihan orang yang mengalaminya. Semoga artikel tentang gambaran bencana alam ini dapat menjadi peringatan untuk kita supaya dapat menjadi pribadi yang selalu waspada dan dekat dengan sang Pencipta.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook2Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0