Game Onet : Ayo download seluruh serinya

Game Onet membuktikan bahwa sebuah game tidaklah harus memiliki grafik yang sedap dipandang mata atau memiliki gameplay rumit untuk dapat digemari. Sebuah game sederhana juga dapat memberikan kesenangan yang sama , bahkan lebih daripada game yang diproduksi mahal dan eksklusif. Mungkin sensasi yang diberikan saat bermain menjadi faktor penting dalam menentukan apakah permainan itu seru atau membosankan.

 

Dan uniknya lagi, justru beberapa game sederhanalah yang mampu menarik perhatian orang dan menjadi terkenal. Tidak hanya bagi para pria saja yang mayoritas adalah seorang gamer tetapi juga bagi para wanita.

Game Onet : sederhana tapi seru

Game Onet : sederhana tapi seru

Image courtesy of http://wahyudicacoy.blogspot.com/2012/09/game-onet.html

Game Onet merupakan sebuah game sederhana yang dibuat oleh seorang programmer di Taiwan/Chen  Program Study dengan judul awal D4S Pokemon Matching Game. Tujuan game onet ini adalah untuk menemukan pasangan gambar yang telah diacak dalam susunan garis lurus tak terputus. Onet memiliki empat tipe permainan: Fun, Normal, Crazy, Relax. Tingkat Fun memiliki 10 x 6 kotak yang harus diselesaikan dalam waktu 4 menit, Normal mempunyai 16 x 9 kotak dengan waktu 8 menit, Crazy 16 x 9 kotak dalam waktu 5 menit. Sedangkan Relax 19 x 9 kotak tanpa batas waktu.

Bagi yang sudah terbiasa memainkan permainan seperti Mahjong atau sejenisnya, maka Onet akan semakin seru untuk dimainkan dan juga sebaliknya. Bagi yang sudah menikmati permainan ini dapat bermain hingga lupa waktu saking asyiknya.

Screenshot mode game Onet di Android

Screenshot mode game Onet di Android

Image courtesy of Akbar Firdiansyah – http://walkfront.com/onet-pokemon-puzzle-for-android/

Meskipun di Indonesia dikenal dengan sebutan Onet namun di luar sana game ini dikenal dengan sebutan Game Kawai, Pikachu Game atau Pokemon Game karena memang permainan ini menggunakan karakter lucu dari permainan Pokemon. Menilik sejarahnya, permainan ini dibuat dalam 5 versi dengan keunikan pada masing-masing versinya. Mari kita kenali game ini lebih jauh lagi.

Versi pertama game onet ini dibuat pada tahun 2001 dengan kode D4s_1. Versi inilah yang paling terkenal dengan ikon monster berwarna hijau

Game onet : logo monster hijau

Game onet : logo monster hijau pada Onet versi pertama

Image courtesy of Harun Depp – http://dkurir.blogspot.com/

Versi keduanya dirilis tahun 2002 dengan logo wajik berwarna biru. Gameplay Onet 2 tidaklah terlalu jauh berbeda dengan Onet 1 namun memiliki tampilan antarmuka yang lebih sedap dipandang serta tingkatan level beragam. Versi ini kabarnya tidak dapat dimainkan di PC dengan sistem operasi Windows xp atau Windows 7. Hal ini disebabkan ketiadaan file msvbvm50.dll dan msvbvm60.dll. Ada baiknya menggunakan sistem operasi berbeda yang memiliki file msvbvm50.dll di drive C nya (alamat foldernya ada di C: \ windows) jika hendak mencoba memainkan Onet 2 atau bisa juga copy filenya dari system operasi yang mempunyai file ini. Jika masih kesulitan, coba unduh file tambahan bernama msvbvm50.exe lalu install file hasil download tersebut. Trik ini dapat dipakai apabila menemui kesulitan serupa pada sistem operasi manapun.

Versi ketiga disebut Kawai2003 sesuai dengan tahun pembuatannya dengan logo baru karakter Pokemon berwarna kuning, Togepi. Perubahan pada versi ini adalah timernya yang maju, berbeda dengan dua versi sebelumnya yang timernya mundur. Jadi tidak perlu takut kehabisan waktu lagi sebab pemain terbaik ditentukan dengan jumlah waktu tersingkat. Selain itu kita dapat menentukan hendak memulai dari level berapa. Fungsi baru lainnya adalah tombol clue dan manual untuk membantu kita apabila kita sudah kebingungan dalam menemukan pasangan onet yang tepat. Tombol clue dan manual mulai diterapkan di Onet 3 dan seterusnya.

Tahun berikutnya dirilis versi kawai2004 dengan icon Pokemon kuda laut berwarna biru, Horsea. Tidak terlalu banyak perubahan pada versi ini selain timernya yang kembali berjalan mundur.

Screenshot game onet 2004

Screenshot game onet 2004

Image courtesy of Zull.Kill.Fi – http://www.kaskus.co.id/thread/5105e7d91ed7193806000007/game-onet—game-sederhana-yang-bikin-nyandu

Onet versi terakhir adalah KI2005 diluncurkan tahun 2005. Kembali memakai karakter pokemon Togepi sebagai lambangnya. Perbedaan yang terasa adalah musiknya yang lebih memacu semangat ketimbang seri sebelumnya. Lalu di KI2005 ini seiring bertambahnya level maka bertambah pula jumlah karakter Pokemon pada level tersebut. Umumnya kesulitan baru akan terasa setelah level 3. Perubahan lainnya, apabila “Game Over” maka akan ditanya apakah hendak memulai pada level yang sama atau hendak mengulang dari level awal. KI 2005 adalah versi Onet yang lebih banyak digemari.

Setelah dijelaskan sekelumit sejarah dan pengenalan akan permainan mengasyikan ini, akan dibahas pula bagaimana cara untuk mengunduh permainan-permainan ini. Kini selain di PC, Onet dapat pula dimainkan melalui media seperti Android jadi untuk mengunduhnya bisa melalui tablet atau perangkat android, tidak harus menggunakan PC.

Game Onet dan cara mengunduhnya

File aplikasinya sendiri berbentuk .rar dengan size sekitar 1 MB jadi tidak akan terlalu banyak menyedot kuota internet.

Ternyata diketahui ada orang Indonesia yang ikut mengembangkan permainan ini untuk platform ponsel pintar yaitu Anugrah Redja Kusuma. Anugrah bekerjasama dengan developer aplikasi Gratian Software Centre di Bandung yang kemudian diluncurkan pada tahun 2013. Perlu diingatkan kembali bahwa Onet sendiri merupakan ciptaan asli orang Taiwan seperti telah disebutkan sebelumnya dan kemudian dikembangkan ke berbagai versi oleh beberapa pihak.

Game Onet di Android

Game Onet di Android

Image courtesy of http://1.bp.blogspot.com/-dyTN0ZsxIqU/UY5p-4R8pRI/AAAAAAAABFg/-nwW63v_VKE/s1600/Onet-Android-APK-Download.software-mirrors.com

Apabila berhasil diunduh, tidak perlu menginstall apa-apa lagi karena game ini bersifat portable. Cukup double click file untuk langsung memainkannya.

Demikian penjelasan tentang game onet dan cara mendownloadnya. Bila menemui kesulitan dalam proses pengunduhan, silahkan baca kembali langkah-langkah yang sudah diberikan. Selamat mencoba

Kata kunci:

Share on Google+2Share on Facebook13Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0