Jenis-jenis komputer dalam kehidupan kita

Dewasa ini jenis-jenis komputer sudah semakin beragam. Itu karena komputer sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat luas. Jika dulu penggunaan komputer terbatas hanya di tempat kerja misalnya kantor, kini hingga anak kecilpun sudah akrab dengan komputer. Komputer sendiri pada dasarnya adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut sistem alogritma dan prosedur yang telah dirumuskan. Apabila melihat komputer modern yang ada pada saat ini, komputer memiliki tugas utama untuk membantu manusia melakukan berbagai hal sesuai dengan program yang benar.

Jenis-jenis komputer berdasarkan fungsi ataupun sifatnya

Personal computer

Sering juga disingkat menjadi PC, adalah sebuah komputer digital dengan inti prosesor berukuran kecil (mikroprosesor). PC dirancang untuk digunakan secara pribadi oleh satu pengguna. Contoh PC adalah desktop, laptop, netbook, tablet PC hingga yang terkini, iPad.

Desktop

Mungkin dari jenis-jenis komputer yang ada, komputer inilah yang paling umum dikenal. Komputer pribadi ini didesain untuk digunakan di satu tempat permanen, misalnya pada meja kerja atau meja belajar. Ketika pertama kali dirancang, ukursan komputer sangat besar yaitu seukuran ruangan tamu lalu mengecil hingga seukuran kulkas dan pada tahun 1970an komuter mulai dibuat untuk dapat disimpan di atas meja. Salah satu produk awal komputer jenis ini adalah Hewlett Packard 8370. Pada awalnya, komputer desktop hanya dapat dibeli dalam bentuk 1 paket built-up yang dilengkapi dengan CPU (Central processing unit), Monitor, Keyboard dan mouse. Seiring waktu, produsen untuk masing-masing bagian desktop ini semakin banyak sehingga unit desktop dapat dibeli secara terpisah dari mouse hingga komponen terkecil yang berada di dalam CPU, seperti motherboard, video card, graphic card, dll. Ini disebut komputer rakitan.

 

Laptop

Adalah komputer pribadi portable yang dirancang untuk kepentingan pengguna yang mobile sehingga bisa dibawa kemana-mana. Berukuran kecil sehingga penggunaannya praktis dan bahkan dapat dipakai sambil dipangku. Komponen penyusun laptop terdiri dari monitor tipis, keyboard beserta touchpad, prosessor, memory, hard drive, speaker, dan baterai yang bisa diiisi ulang. Laptop berasal dari ide Alan Kay, peneliti dari perusahaan Xerox PARC di tahun 1968 dan dituliskan dalam sebuah makalah berjudul Dynabook pada tahun 1972. Lalu pada tahun 1975, IBM menciptakan komputer portable komersil pertama,  IBM 5100 melalui programnya IBM SCAMP (Special Komputer APL Machine Portable) dengan mekanisme prototypenya bernama  prosesor PALM (Put All Logic in Microcode). Sedangkan laptop flip pertama diciptakan pada tahun 1981 dengan sebutan Dulmont Magnum.

Jenis-jenis komputer : Dulmont Magnum 1981

Jenis-jenis komputer : Dulmont Magnum 1981

Image courtesy of http://dminoritaz.wordpress.com/2012/04/11/sejarah-perkembangan-komputer-portabel-laptop/

Netbook

Ini merupakan laptop atau notebook versi kecil dengan layar dan keyboard yang lebih kecil, ringan dan pastinya lebih murah. Pelopor netbook pertama kali mungkin dibuat oleh Apple. Inc pada tahun 1997 yang bernama eMate 300 meski pada tahun selanjutnya produksi eMate tidak dilanjutkan.

Apple newton emate 300

jenis-jenis komputer : Apple Newton Emate 300

Image courtesy of Abdalrhman Albayyat – http://it-code-news.blogspot.com/2012/01/it-news-head-lines-techradar-16012012.html

Tahun 2007. Asus meluncurkan netbook EEE PC. EEE sendiri adalah singkatan dari Easy to Learn, Easy to Work, Easy to Play. Dimensi netbook ini adalah 9.1” x 6.7” dengan berat 900 gram.

PDA

PDA (Personal Digital Assistant) merupakan mobile device (perangkat berjalan) yang berfungsi sebagai pengatur kegiatan pribadi. Disebut juga sebagai Personal Information Manager (PIM), perangkat ini memakai memory falsh untuk mekanisme penyimpanan data dan biasanya tidak memiliki keyboard sehingga untuk proses penginputan data, pengguna menggunakan layar sentuh pada PDAnya. PDA dengan versi lebih besar dan lebih berat disebut dengan handheld komputer.

Workstation

Merupakan microkomputer skala mid-high (menengah ke atas) dengan kinerja prosesor yang tinggi, ekstra memory dan keunggulan lainnya yang memang dirancang untuk mengerjakan program yang membutuhkan sumber daya tinggi seperti grafis 3D atau pengembangan game. Workstation pertama kali diciptakan pada tahun 1959 dengan nama IBM 1620, memakai mesin dengan kode CADET dan harga yang sangat mahal. Untuk menyewanya saja dihargai $1000 per bulan. IBM 1620 memakai ekstra table di memori meski teknologi yang lebih canggih telah ada pada saat itu. Itulah sebabnya muncul lelucon bahwa singkatan CADET itu adalah Can’t Add, Doesn’t Even Try.

IBM 1620

Jenis-jenis komputer : IBM 1620

Image courtesy of http://bundhit.acc.chula.ac.th/IBM1620.html

Server

Ini adalah komputer fisik yang didesain utnuk menangani satu service atau lebih yang diminta oleh program aktif di komputer lain dalam satu jaringan. Untuk menangani tugas yang berat seperti itu maka wajar apabila server memiliki prosesor yang sangat besar, memory yang tinggi serta hard drives dengan kapasitas lebih besar. Di tahun 2010, server disebut menghabiskan 2,5% dari total konsumsi energy di Negara Amerika dengan sebagian besar konsumsinya dihabiskan oleh system pendingin server.

Jenis-jenis komputer : Server

Jenis-jenis komputer : Server

Image courtesy of Omatic Solution – https://plus.google.com/106647741137337191044/posts

Mainframe

Satu lagi komputer berukuran jumbo yang dibuat untuk menangani program yang sangat besar dan banyak dalam satu rentang waktu, seperti sensus penduduk, pemilu, perdagangan saham, dan lainnya. Mainframe berjalan pada sejumlah mesin virtual, tidak hanya beroperasi pada sebuah komputer tunggal, maka Mainframe dapat menggantikan puluhan hingga ratusan server

Mainframe

Jenis-jenis komputer : Mainframe

Image courtesy of Derek Britton – http://www.itproportal.com/2013/07/28/the-future-of-mainframe-computing-legacy-or-legendary/

Super computer

Apabila mainframe mampu mengerjalan fungsi beberapa server maka super komputer adalah mainframe dengan daya proses paling kuat sehingga mampu mengerjakan banyak komputasi rumit yang memerlukan waktu lama. Super komputer biasanya terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi yang bekerja salam waktu dan system yang sama dengan system parallel. Super komputer tercepat di dunia saat ini dumiliki oleh National Supercomputing Center di Tianjin, China. Konon memiliki kecepatan 1.4 kali lebih cepat dari superkomputer sebelumnya, Jaguar Cray XT5

Tianhe-i

Jenis-jenis komputer : Super computer Tianhe-i

Image courtesy of http://www.nscc-tj.gov.cn/en/resources/resources_1.asp

Wearable computer

Komputer yang satu ini merupakan jenis yang dipakai pada tubuh manusia seperti jam tangan, kacamata, ponsel, atau bahkan pakaian. Wearable komputer kini sedang menjadi mode dalam dunia teknologi dan menjadi bahan penelitian di beberapa perusahaan teknologi besar. Bebrapa contoh wearable komputer yang sudah beredar di pasaran saat ini adalah Samsung Galaxy Gear dan Google Eye.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0