Pengertian ilmu ekonomi dan definisi lainnya

Ekonomi adalah ungkapan yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Di semua media, kata yang berasal dari kata oikos dan nomos ini memiliki tajuk pemberitaan khusus dan memiliki jurusan perkuliahannye tersendiri yang terfokus untuk mempelajari ilmu tentang ekonomi. Tapi mengapa ekonomi sebegitu pentingnya bagi manusia dan apakah maksud dari ilmu ekonomi tersebut?

Pengertian ilmu ekonomi adalah bidang yang mempelajari tentang perilaku seseorang dan masyarakat tentang bagaimana memilih untuk menggunakan sumber-sumber terbatas dengan atau tanpa uang menggunakan alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan manusia yang umumnya tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan lalu disalurkan untuk kebutuhan konsumsi di masa kini dan masa yang akan dating kepada berbagai individu atau sekelompok masyarakat.

Pengertian ilmu ekonomi sendiri memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari karena keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.

Pengertian ilmu ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi

Image courtesy of http://obrolanekonomi.blogspot.com/2013/05/pengertian-lengkap-pengantar-ekonomi-dan-manfaatnya.html

Pengertian ilmu ekonomi

Ekonomi mikro

Merupakan cabang ilmu ekonomi yang terfokus bagaimana cara mempelajari bagian-bagian terkecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, dimana bagian terkecil disini adalah perseorangan. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku antara produsen dan konsumen (pembeli) secara individu dalam pasar.

Sikap dan perilaku konsumen terlihat dalam bagaimana cara mereka memakai pendapatan yang diperolehnya sedangkan sikap dan perilaku produsen dapat terlihat dalam bagaimana cara mereka menawarkan barangnya. Maka pengertian ilmu ekonomi mikro adalah tentang bagaimana menentukan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory)
Tujuan dan sasaran analisa ekonomi mikro lebih bertumpu pada bagaimana membuat pilihan untuk untuk mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan bagaimana cara mencapai kepuasan maksimum.

Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Pengertian ilmu ekonomi : perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Image courtesy of http://emptypathway.blogspot.com/2013/03/rangkuman-ekonomi-bab-7-ilmu-ekonomi_21.html

 

Ekonomi makro

Merupakan cabang ilmu ekonomi yang secara spesifik mempelajari mekanisme kerja perekonomian sebagai suatu keseluruhan yang terkait dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara maksimal agar kemakmuran masyarakat dapat berada di tingkatan tertinggi.

Jika masalahnya berhubungan dengan produsen, maka produsenlah yang dianalisis secara keseluruhan demikian juga halnya apabila masalahnya berhubungan dengan konsumen maka yang dianalisis adalah seluruh konsumen dalam menggunakan pendapatannya untuk membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Begitu pula dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga serta sebagainya.

Pengertian ilmu ekonomi makro adalah menelaah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan sehingga ekonomi makro sering disebut teori pendapatan (income theory).

Tujuan analisa ekonomi makro yakni membahas problematika sisi permintaan dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi dan seberapa pentingnya campur tangan dan kebijakan pemerintah dalam menciptakan prestasi ekonomi yang diinginkan.

Pengertian ilmu ekonomi : arus ekonomi makro

Pengertian ilmu ekonomi : arus ekonomi makro

Image courtesy of Eko, Yuli – http://fhiajabe.blogspot.com/2013/06/permasalahan-yang-di-hadapi-pemerintah.html

Peralatan analisis

Untuk dapat mengaplikasikan pengertian ilmu ekonomi dengan baik membutuhkan alat analisa supaya dapat menerangkan teori-teorinya sekaligus untuk menguji kebenarannya. Kurva dan grafik merupakan alat analisa utama. Pada tingkatan lebih dalam, matematika memegang peranan yang vital. Selain itu, statistika juga dibutuhkan untuk mengumpulkan seluruh data dan menguji kebenaran ilmu ekonomi.

Berbagai gaya analisa ilmu ekonomi

  • Ekonomi deskriptif

Menggambarkan keadaan sebenarnya wujud dalam perekonomian. Tugas utamanya mengumpulkan berbagai keterangan yang factual dan relevan dengan isu ekonomi. Deskripsi isu ekonomi menjadi rumit sehubungan dengan fakta bahwa aspek manusia dipengaruhi oleh banyak faktor di dalam perilakunya. Hal ini bisa terjadi karena di dalam masyarakat terjadi perubahan-perubahan yang kompleks yang tidak hanya dipengaruhi oleh variable ekonomi saja.

  • Teori ekonomi

Memberikan pandangan-pandangan yang menjelaskan sifat hubungan yang nampak dalam kegiatan ekonomi serta perkiraan peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan mempengaruhinya mengalami perubahan. Tugas teori ekonomi adalah memberikan realita sekaligus abstraksi yang terjadi dalam perekonomian. Ekonomi memiliki sifat yang kompleks, maka dari itu diperlukan simplifikasi serta abstraksi yang disampaikan melalui teori.

Teori ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi memiliki bermacam-macam teori

Image courtesy of http://yeremiaindonesia.wordpress.com/tag/ilmu-ekonomi/
  • Ekonomi terapan

Disebut juga ekonomi kebijakan . Mengambil konsep teori ekonomi lalu mencoba untuk mengaplikasikannya dalam kebijakan ekonomi dengan tetap memperhatikan data seta fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

Tujuan kebijakan ekonomi antara lain untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, menciptakan kestabilan harga, mengatasi isu pengangguran dan mewujudkan distribusi income yang merata.

Pelaku ekonomi utama perekonomian Indonesia

Rumah Tangga Konsumsi (RTK)

Rumah Tangga Konsumsi merupakan salah satu unit ekonomi terkecil. Rumah tangga konsumsi adalah pemilik atau penyedia jasa dari berbagai faktor produksi. Faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga akan digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang ataupun jasa.

Rumah tangga konsumsi juga akan menggunakan barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk mencukup kebutuhannya. RTK memiliki peran sebagai konsumen, supplier atau pemilik faktor produksi

Faktor produksi ada 4 macam:

  1. Alam
  2. Tenaga kerja
  3. Keahlian
  4. Modal

Dari keempat faktor produksi tersebut yang termasuk faktor produksi asli hanyalah alam dan tenaga kerja. Sedangkan faktor produksi turunan terdiri dari keahlian dan modal.

Beberapa jenis metode balas jasa dari faktor produksi :

  • Alam: sewa tanah
  • Tenaga kerja: bayaran berupa upah/gaji
  • Keahlian: keuntungan
  • Modal: bunga modal
Dalam sektor produksi, tenaga kerja mendapatkan imbalan gaji

Dalam sektor produksi, tenaga kerja mendapatkan imbalan balas jasa dalam bentuk gaji

Image courtesy of http://sjarimonogakari.blogspot.com/2012/11/bab-7-manajemen-produksi_11.html

Perusahaan / Rumah tangga produksi (RTP)

RTP adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh satu atau lebih orang dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Perusahaan merupakan tempat berlangsungnya produksi. Sebagai pelaku ekonomi, RTP berperan sebagai produsen yang menghasilkan barang dan jasa, pengguna faktor produksi yang menggunakan faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa serta agen pembangunan yang membantu pemerintah dengan menjalankan kegiatan pembangunan.

Pemerintahan

Meliputi semua lembaga atau badan pemerintahan yang memopunya otoritas dan bertugas mengatur ekonomi. Pemerintah berperan aktif dalam dunia ekonomi melalui perusahaan Negara yang disebut BUMN/BUMD.

Peran pemerintah dalam dunia ekonomi, yaitu sebagai pencari barang dan jasa, penghasil barang dan jasa melalui BUMN dan BUMDpengatur perekonomian Negara sehingga terjadi stabilitas ekonomi yang menguntungkan masyarakat baik secara langsung atau tak langsung.

Pengaturan ekonomi secara langsung  meliputi pemberian izin, pembayaran lingkungan, pengendalian pajak, pengaturan tarif serta penghapusan regulasi yang dinilai menghambat pertumbuhan ekonomi atau membuat regulasi yang dapat mengatur kegiatan ekonomi secara aktif.

Pengaturan ekonomi secara tak langsung seperti pemberian insentif pada pihak produsen untuk membuat barang tertentu, himbauan penyerahan keuntungan 2,5% untuk para konglomerat.

Masyarakat asing

Dalam siklus ekonomi, masyarakat asing memiliki peran sebagai pemberi bantuan, pemberi pinjaman, penanaman modal, perdagangan dan pertukaran tenaga kerja.

Kata kunci:

Share on Google+1Share on Facebook37Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0