Tema Nokia C3 | Cara Membuat Tema Nokia C3 dan Download Tema Nokia C3

Tulisan ini berisi penjelasan tentang Tema Nokia C3, Cara Download Tema Nokia C3 ataupun Cara membuat Tema Nokia C3. Saat menggunakan ponsel, hal paling pertama kali dilihat oleh pengguna adalah tema. Anda juga bisa membaca tentang Tema Nokia X2 di http://jadipenulis.com/548/teknologi/internet/tema-nokia-x2-01/.

Bila sebuah ponsel memiliki theme menarik misalnya seperti tampilan smartphone tertentu, maka akan terlihat lebih gaya meskipun ponselnya sendiri cenderung standard. Theme bagus itu sifatnya subjektif relatif karena apa yang menurut kita menarik belum tentu demikian bagi orang lain yang melihatnya, meskipun begitu hal paling penting ketika memilih theme adalah kepuasan diri.

Tema Nokia C3

Nokia C3 sendiri adalah salah satu ponsel dengan theme yang dapat dibuat sendiri selain beberapa ponsel Nokia lainnya seperti Nokia X2, E63 dan masih banyak lagi. Dukungan fitur serta sistem ponsel memudahkan pengguna yang tertarik untuk membuat theme sendiri untuk ponsel Nokia C3.

Tema Nokia C3

Tema Nokia C3

Sebagai informasi, Nokia memakai sistem operasi Symbian s40 untuk perangkat C3. Membuat theme sendiri sekaligus mengasah keterampilan pengguna. Semakin baik theme yang berhasil dibuat tentunya akan membuat rasa bangga dan puas selain perasaan berbeda karena berhasil membuat tema unik serta menarik. Oleh karena itu, saat ini akan dipaparkan tips cara membuat tema Nokia C3 sendiri. Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat tema ponsel Nokia ini adalah sebagai berikut:

  • Tentukan tema yang akan dibuat. Hal ini penting demi mempersingkat langkah-langkah membuat tema. Untuk varian tema seperti apa saja untuk Nokia C3 dapat di search menggunakan Google.
  • Bila inspirasi untuk membuat tema sudah didapat, maka siapkan piranti lunak untuk membantu pembuatan tema ini. Penggunaan software pada umumnya untuk proses theme making ini adalah blueFTP. Jika belum memiliki blueFTP, maka software ini dapat di unduh via internet secara cuma-cuma melalui search engine Google.

  • Apabila software blue FTP sudah didapat, maka buat folder baru di memori ponsel (drive :C). Namai folder tersebut dengan nama yang mudah diingat. Misalnya folder theme. Folder ini digunakan untuk kebutuhan pembuatan tema.
  • Sediakan beberapa image untuk kebutuhan tema minimal dua file. Tidak ada batas maksimal. Semuanya tergantung kreatifitas pengguna saja. Gunakan image dengan ekstensi .jpg.
  • Ubah pengaturan pengamanan supaya proses instalasi aplikasi berjalan efisien dna lebih cepat. Navigasikan kursor ponsel ke salah satu folder di menu. Klik pilihan kemudian pilih akses aplikasi lalu akses data kemudian baca data pengguna. Saat tampil pilihan security, ubah opsi menjadi tanya pertama kali, lalu keluar dari situ.
  • Ketika image, software blue FTP dan folder  tema sudah tersedia, pertama kali yang harus dilakukan adalah melakukan ekstraksi file blueFTP. Sebagai catatan, software ini cenderung lebih mudah digunakan bagi pemula ketimbang aplikasi sejenis. Proses ekstraksi adalah sebagai berikut: aktifkan software-navigasi ke bagian tengah-tekan spasi. Saat masuk ke pemilihan bahasa, pilih bahasa Indonesia. Saat ditanya untuk mengaktifkan bluetooth, pilih OK. Kemudian buka folder theme lalu ekstrak  di folder tersebut.
  • Jika sudah selesai, masuk ke tahap sunting gambar tema. Buka image di folder theme default ponsel. Ketika membuka image maka akan terlihat nama imagenya. Ingat baik-baik nama, penggunaan karakter huruf , alfanumerik, juga cara penulisannya. Misalnya biru1.jpg dan biru2.jpg. Kemudian hapus seluruh image pada folder tersebut.
  • Buka image yang sudah disiapkan sebelumnya lalu pindahkan ke tempat dimana sebelumnya terdapat image yang dihapus. Ganti nama image yang telah dipindahkan itu menjadi sama persis dengan nama image yang sebelumnya dihapus. Misalnya nama image .jpg yang telah disiapkan adalah merah1.jpg dan merah2 .jpg. Ganti nama image di folder tersebut  menjadi biru1. jpg dan biru2. jpg. Kesalahan penulisan akan menyebabkan proses pembuatan tema menjadi gagal oleh karena itu tidak boleh terdapat perbedaan dalam penulisan nama image.
  • Hal terakhir untuk menyelesaikan tahap pembuatan tema ini adalah kompresi data. Aktifkan kembali software blueFTP. Kemudian buka folder tempat penyimpanan image yaitu folder theme. Klik menu-select all. Lalu klik menu-compress items. Beri nama data kemudian lakukan kompres file dalam format .nth. Tunggu hingga proses kompresi selesai seluruhnya. Apabila sudah selesai, tekan OK, keluar dari aplikasi blueFTP, maka theme tersebut sudah dapat digunakan pada ponsel.

Sumber gambar: djogdja.net

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook30Tweet about this on TwitterShare on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0Digg thisShare on LinkedIn0